Minggu, 21 Maret 2010
METODE PENGAJARAN MONTESSORI UNTUK ANAK
METODE PENGAJARAN
MONTESSORI UNTUK ANAK

Orang tua adalah guru pertama, model peran, simbol rasa aman, dan sumber untuk mendapatkan kasih sayang dan pendidikan yang tulus. Peran orang tua tidak berakhir begitu saja, selamanya mereka akan memberikan yang terbaik bagi anaknya tidak peduli usia dan berapa jauhnya anak berasa. Bukanlah kasih sayang ibu itu ada sepanjang masa?
Ketika mendidik anak, ingatlah bahwa anak memiliki kemampuan-kemampuan. Tugas orang tua adalah membangkitkan kemampuan itu.
Metode yang digunakan dalam pengembangan kepribadian suatu anak yaitu dengan cara metode yang digunakan dalam pengembangan kepribadian suatu anak yaitu dengan cara metode montessori. Metode montessori adalah upaya pengembangan kepribadian anak secara keseluruhan. Aktivitas batinnya di tumbuhkan dan di lindungi, serta di ajarkan kebebasan dalam kerangka organisasi, montessori menghasilkan suatu kontribusi kearah pengembangan sifat baik anak dengan cara menghilangkan gangguan-gangguan yang merupakan sumber kenakalan, kekerasan, dan pemberontakan.
Memberikan peluang anak untuk mandiri dan mengerjakannya dengan kesabaran dan pemahaman. Jika suatu hari anak anda menunjukkan minat khususnya untuk mengancingkan bajunya sendiri merupakan suatu kesempatan emas bagi anda untuk menunjukkan kepadanya bagaimana cara melakukanya.
Latihan-latihan hidup praktis juga bisa dilakukan di luat jam sekolah formal, misalnya ketika kita sedang berada di rumah. Inilah saat yang tepat untuk memperkenalkan contoh hidup praktis bagi anak anda.
Untuk latihan hidup praktis sebagaimana bagian metode montessori berikan sekalian contohnya. Gambaran berikut adalah contoh cara pengajaran anak:
1.Membuka dan menutup laci
Kegiatan ini mengajarkan anak agar menghargai ketenangan dan kerapian. Disamping juga memberikan perasaan bangga kepada anak ketika ia mampu membuka dan menutup laci dengan tenang tanpa berisik.
2.Membuang air / minuman
Contoh ini dimaksudkan untuk mengembangkan otot-otot yang berhubungan dengan penuangan, mengajari anak bagaimana menuang air ke tempat lain dengan cara yang benar dan mendidik anak belajar mandiri
3.Membersihkan debu
Latihan ini mengajarkan anak bahwa debu yang setiap hari menempel di meja, lemari, kursi dan lain-lain harus dibersihkan, disamping juga agar anak-anak belajar kebersihan dan bertanggung jawab menjaga segala sesuatu bersih dan rapi
4.Melipat serbet
Pelajaran ini untuk mengembangkan kontrol otot-otot jari yang sedang dilatih ketepatan dan mendidik anak membantu mengenal lingkungan sekitarnya.
5.Mencuci peralatan makan
Pelajaran ini untuk mengembangkan dan mengontrol gerakan dan menyempurnakan siklus antivitas, serta sebagai wahana mendidik anak merawat diri sendiri kemandirian.
6.Mempelajari alam
Anak-anak mempunyai minat bawaan terhadap alam sekitarnya dan rasa ingin tahu ini begitu kuat. Tunjukkan kepada mereka bagaimana cara menanam yang baik, ajarkan pula bagian-bagian bunga. Tunjukkan cara yang tepat memotong bunga dan mengaturnya dalam vas.
7.Latihan membaca
Membaca dan menulis berlangsung bergandengan. Anak harus menguasai betul pensil sebelum ia mempergunakannya. Kenalkan anak dengan huruf lepas.

Label: ,

posted by Khoiruddin @ 17.19  
0 Comments:

Posting Komentar

Monggo dikomentari...

<< Home
 
 
About Me

Name: Khoiruddin
Home: Gresik, Jatim, Indonesia
About Me: Terus Mencoba...
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Links
Template by

Blogger Templates

BLOGGER