Sabtu, 20 Maret 2010
PENERAPAN RAGAM HIAS BARONG SEBAGAI HIASAN BUSANA DENGAN TEKNIK HAND PAINTING DAN BORDIR

ABSTRAK
Busana merupakan bagian dari suatu mode atau fashion, mulai dari busana anak-anak sampai busana dewasa. Busana adalah segala sesuatu yang dipakai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Perkembangan busana saat ini mengalami perubahan yang sangat pesat, baik dari model, kreasi maupun rancangan desain. Perubahan ini terlihat dari banyaknya desainer yang menggali inspirasi dari berbagai hal, tidak terkecuali inspirasi dari ragam budaya Indonesia untuk memberikan sentuhan yang modern.
Pada busana ini akan menerapkan ragam hias barong sebagai hiasan busana, yang terinspirasi dari tarian budaya Bali. Kemudian penulis menjadikannya inspirasi untuk menerapkan sebagai hiasan busana dengan teknik hand painting dan bordir. Tugas akhir ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan wawasan dalam meningkatkan ide dan kreativitas dalam pembuatan hiasan busana.
Penerapan ragam hias barong sebagai hiasan busana melewati beberapa proses, mulai dari mencari inspirasi (collage), rekayasa desain, proses pembuatan busana, penerapan teknik hand painting, bordir, dan penyelesaian.
Collage merupakan sumber ide untuk mewujudkan busana dengan tema “Barong Dances”, kemudian menjadikan inspirasi penulis dalam pembuatan hiasannya. Busana ini bersiluet A-Line yang terdiri dari tiga bagian. Bahan yang digunakan adalah kain ducces, kain songket, dan kain motif bali dari tenunan.
Hasil jadi hiasan busana dengan penerapan teknik hand painting tersebut hasilnya sesuai dengan gambar yang diinginkan, dan dengan pewarnaan yang indah seperti bentuk gambar barong. Penerapan teknik bordir untuk mempertegas pada pewarnaan barong juga menjadikan bentuk barong yang bagus dan unik. Saran yang diusulkan oleh penulis dalam proses penerapan teknik hand painting dan bordir diperlukan ketepatan dalam pemilihan bahan, ketelatenan dan kesabaran yang tinggi agar hasilnya sesuai yang diinginkan.
Kata Kunci: Barong, Hiasan, Hand Painting dan Bordir.


posted by Khoiruddin @ 00.29  
0 Comments:

Posting Komentar

Monggo dikomentari...

<< Home
 
 
About Me

Name: Khoiruddin
Home: Gresik, Jatim, Indonesia
About Me: Terus Mencoba...
See my complete profile
Previous Post
Archives
Shoutbox

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.

Other things
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit. Duis ligula lorem, consequat eget, tristique nec, auctor quis, purus. Vivamus ut sem. Fusce aliquam nunc vitae purus.
Links
Template by

Blogger Templates

BLOGGER